INGIN MATA ANDA TETAP SEHAT DAN JERNIH? BACA TIPS BERIKUT INI

Mata adalah jendela kehidupan. Keindahan yang ada di dunia ini bisa kita nikmati dengan sempurna karena kita bisa melihatnya. Bayangkan jika kita tidak bisa melihat, maka hidup akan menjadi terasa gelap gulita, keindahannya pun tak akan kita rasakan lagi. Sepasang organ tubuh yang kecil ini memang memiliki peran yang sangat besar dalam hidup.

Lalu bagaimana agar kita bisa merawat mata kita agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik? jawabannya sederhana yaitu anda hanya perlu rajin mengkonsumsi wortel.


Menurut Dr. Dennis Baylor, guru besar neurobiologi di Stanford University, wortel tinggi kandungan vitamin A-nya. Vitamin A diketahui amat penting bagi kesehatan mata. Kekurangan vitamin A yang parah dapat menyebabkan kebutaan di waktu malam (penyakit yang diketahui akan membaik bila penderitanya makan wortel). Tetapi, bila sudah mendapat cukup vitamin A dalam makanan, makan wortel boleh jadi tidak akan berakibat apa-apa terhadap penglihatan mata.

wortel untuk kesehatan mana. Credit : Hawa Collection


Vitamin A adalah unsur penting untuk pembuatan retinal dalam tubuh. Retinal adalah bahan kimia peka cahaya yang memungkinkan sel-sel di retina mata untuk bereaksi terhadap cahaya. Kalau cahaya menerpa molekul retinal, cahaya mengubah bentuk molekul retinal. Ini mengaktifkan serangkaian peristiwa kimiawi yang mengakibatkan terkirimnya pesan ke otak yang memberitahunya bahwa cahaya telah menerpa retina.

Dr. Baylor menambahkan bahwa mata memiliki 2 macam sel yang peka terhadap cahaya, yaitu sel batang dan sel kerucut. Sel batang adalah sel yang kita andalkan untuk melihat di kegelapan. Sel-sel tersebut paling terpegaruh bila kekurangan vitamin A. Untuk bekerja dengan semestinya, sel batang-batang itu menuntut agar setiap molekul retinal terpasang pada tempatnya dan siap untuk menanggapi cahaya.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekurangan retinal pada sel-sel batang. Dengan kosongnya sejumlah tempat retinal, sel batang-batang tidak akan pernah sepenuhnya beradaptasi dengan kegelapan. Oleh karena itu, kita tidak akan mampu melihat dengan baik pada malam hari. Dr. Baylor berpendapat bahwa, makan lebih banyak wortel/sumber vitamin A lainnya, akan meringankan kekurangan retinal ini dan memulihkan penglihatan pada malam hari.

Bukan saja wortel yang dapat menolong penglihatan, bayam pun dapat. Meskipun, tidak ada jaminan kekuatan popeye dapat dicapai dengan makan bayam, diet (pola makan) yang kaya bayam dapat menolong mencegah penyakit mata utama kaum manula (degenerasi makular usia lanjut). Makula adalah bagian retina yang terletak di bagian belakang mata. Pada degenerasi makular usia lanjut, makula secara bertahap menjadi rusak. Sewaktu bulan-bulan dan tahun-tahun berlalu, penglihatan menjadi semakin buruk. Akhirnya, penglihatan hilang. Tak ada cara untuk mencegahnya dan tak ada cara untuk mrngobatinya.

Menurut sebuah study pada tahun 1994 oleh Dr. Johanna Seddon dan rekan-rekannya di Massachusetts Eye and Ear Infirmary di Boston, suatu diet (pola makan) yang kaya bayam mengakibatkan 43 % pengurangan resiko menderita degenerasi makula usia lanjut.***(2)

Ternyata popeye benar tentang manfaat makan bayam terhadap kondisi tubuh ada banyak pengaruhnya. Dan sebagaimana nasehat para orang tua tentang wortel maupun bayam memang dapat membantu kesehatan penglihatan dan kondisi tubuh kita.

Sungguh mengikuti nasehat mereka di era kekinian lebih terasa nyata dan ilmiah dengan adanya informasi ini. Jangan lupa sampaikan terima kasih kepada kepada mereka yang sudah memberikan nasehat-nasehat tentang pola hidup yang baik ya Ukhti.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.